Pages

Monday, 4 October 2010

MAKNA HIDUP


“Hidup tidak akan bermakna sebelum kita memaknainya”. Begitulah kata-kata yang pernah saya dengar dari seorang Tung Desem Waringin (pakar marketing terkemuka Indonesia).


Apapun yang terjadi pada diri kita saat ini, jika kita memaknainya sebagai sesuatu yang negatif maka hasilnya negatif, begitupun sebaliknya, jika kita memaknainya dengan positif maka hasilnya akan positif pula.

Seperti pemberitaan beberapa hari belakangan ini mengenai kecelakaan KA Argo Anggrek dengan KA Senja Utama yang telah menelan korban 35 orang tewas, sungguh sangat miris bagaimana berita tersebut disiarkan, baik melalui TV, Radio maupun media massa, hampir keseluruhannya memberitakan buruknya kinerja perkeretaapian di Indonesia.

Mereka saling memperdebatkan siapa yang salah, saling menuduh, dan nampaknya secara tidak disengaja menebarkan rasa takut bagi masyarakat luas. Bahkan anggota DPR pun mencari-cari pokok permasalahan yang berujung pada kepentingan politik untuk menurunkan pemerintah, itu seperti yang saya dengar pada pemberitaan di TV one tadi pagi (senin, 14-10-2010).

Di tengah keadaan ekonomi yang tidak kondusif ini, rakyat Indonesia masih saja dihadapi dengan berita-berita yang membuat resah tanpa ada solusi tepat yang dapat menyelesaikan masalah yang sesungguhnya.

“Bad news is a good news” nampakyna masih melekat erat di dalam industri informasi dan media massa Indonesia, dimana itu berpengaruh pada rating serta komersialisasi berita itu sendiri. Tidakkah kita sadar bahwa “input memengaruhi output”. Jika kita selalu saja mendengar dan melihat informasi yang negatif maka diri kita pun secara sadar atau tidak perlahan tapi pasti menjadi negatif.

Untuk itu, sekejap saja saya langsung mematikan televisi dan berangkat untuk kembali beraktivitas seperti biasa. Daripada melihat berita yang kurang baik, alangkah baiknya jika kita bisa mendengar dan melihat acara-acara yang menyenangkan seperti acara memancing, hiking, memasak, motivasi, dll. Apapun itu, asalkan menimbulkan gairah dan semangat serta dapat membuat diri kita menjadi lebih baik tentunya.

(catatan: artikel ini saya tulis bukan untuk menyudutkan atau mengkritik pihak manapun, ini hanya sedikit dari ide yang timbul begitu saja dan saya tuangkan dalam blog ini. Hendaknya dilihat dari sisi positifnya. Think positif be positif! Semoga bermanfaat)

Original artikel by Khristian Swandy Chandra
follow on twitter@Shin_kumara
facebook & koprol khristian_chandra@yahoo.com

No comments: