Pages

Thursday, 11 June 2009

Impian dan Masa Depan

“Tanpa hari ini masa depan tak akan ada, tanpa hari ini masa lalu tiada makna.”

Jangan hancurkan impian orang lain, tapi doronglah impian orang lain. Sejelek apapun, seburuk apapun, sekecil apapun impian seseorang mungkin hanya itulah yang mereka miliki. Jangan tentang, mencela, ataupun mengomentarinya, dengarkan saja dengan penuh perhatian, kecuali dia yang minta.


Doronglah, doronglah, dan bantulah orang itu mewujudkan impiannya. Setidaknya bantulah dengan menginspirasikan impianmu kepadanya, berbagilah impianmu dengan orang lain agar impianmu dapat menjadi contoh baginya (tentu dengan ketulusan hati dan kerendahan hati).

Terkadang memotivasi orang lain untuk memperbaiki impiannya dapat menghancurkan impian itu sendiri. Tetapi dengan membagi, sharing impian yang kau miliki dapat menginspirasikan orang lain untuk lebih memiliki impian yang luar biasa.

Untuk itu kau harus memiliki impian yang lebih dibanding orang lain. Kau belum bisa menginspirasi orang lain dengan impianmu jika kau belum memiliki impian yang lebih dari yang dimiliki orang lain.

Pendekatan dengan motivasi terkadang menimbulkan bentrokan dalam diri seseorang, namun pendekatan dengan menginspirasikan lebih menimbulkan penyadaran diri, baik bagi yang menginspirasi maupun yang terinspirasi. Saya mendukung motivasi, motivasi itu perlu untuk menimbulkan keberanian dan semangat.

Dalam hal apapun keseimbangan diperlukan dan penyeimbang motivasi adalah inspirasi. Motivasilah dengan menginspirasikan semangatmu dalam meraih impianmu.

Carilah kesamaanmu dengan orang lain dan tunjukkan sehingga dia dapat menganggap bahwa anda bisa, dia pun bisa. Anda terlalu hebat, dia akan merasa tidak ada apa-apanya, anda memiliki kesamaan dengannya, dia akan terinspirasi.

Hal yang harus diperhatikan adalah anda tidak dapat menginspirasi jika anda menganggap orang lain bukanlah siapa-siapa atau anda merasa lebih dibandingnya. Karena seperti kata Les Giblin seorang pakar hubungan antarmanusia: “Anda tidak dapat membuat sesama merasa penting dengan kehadiran anda jika diam-diam anda merasa dia bukanlah siapa-siapa.”

Jika anda tidak penting di mata orang lain, apapun yang anda katakan, apapun inspirasi anda, dan bagaimanapun caranya, hasilnya sama saja dengan nol. Tetapi jangan menyerah, maju terus! Buatlah diri anda penting dengan mementingkan diri orang lain dibanding diri sendiri.

Jika anda mementingkan diri sendiri, anda hanya memilki 1 kekuatan diri sendiri, namun jika dengan anda mementingkan orang lain, anda memiliki banyak kekuatan yaitu kasih sayang yang terakumulasi.

No comments: